Bagaimana Merawat Kaca Film Agar Tetap Awet?

Kaca film adalah salah satu perangkat yang wajib digunakan agar nyaman pada saat berkendara. Dalam investasi, saya sarankan untuk berinvestasi kaca film yang berkualitas baik karena harganya tidak bisa dibilang murah dan kita dapat meraih keuntungan yang lumayan besar. Maka dari itu, kaca film sebaiknya dirawat dan dijaga dengan baik dan benar agar dapat awet untuk pemakaian jangka panjang.
Perlu diingat, kaca film yang rusak atau cacat karena salah pakai atau merawatnya tidak benar tidak akan di ganti oleh garansi kaca film. Saya akan memberikan referensi dan tips untuk merawat kaca film.

(Baca juga : https://kacafilm.co.id/tips-untuk-memasang-kaca-film-mobil-2.html)

Sebenarnya, membersihkan dan merawat kaca film tidaklah sulit, hanya perlu dibiasakan saja. Di bawah ini adalah hal-hal diperhatikan saat membersihkan kaca film:

  1. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan kaca film dari debu dan bekas telapak tangan.
  2. Kita dapat membersihkan kaca dengan tisu lembut yang sudah dibasahi dengan air bersih dan digunakan untuk membersihkan sport minyak / jiplak tangan bidang yang kecil. Sebaiknya, hindari penggunaan tisu kasar karena dapat meninggalkan baret-baret halus pada kaca film.
  3. Gunakan kain lap mobil seperti kanebo, aion, dan lain-lain yang sejenis.Apabila kaca film kotor, kita dapat menggunakan lap kanebo bersih yang sudah dibasahi dengan air saja, pastikan lap kanebo sudah lembut sebelum digunakan.
  4. Jangan gunakan suction holder pada kaca film.
    Seringkali kita jumpai orang yang menggunakan suction holder untuk GPS/Gadget yang diletakkan pada bagian kaca film, dalam keadaan tertentu kaca film dapat tersedot oleh suction tersebut sehingga menyebabkan gelembung udara pada lingkar suction.
  5. Hindari bahan kimia.
    Jangan gunakan pembersih kaca atau bahan kimia karena dapat merusak kaca film. Jika anda ingin pergi ke salon perawatan mobil, hindari penggunaan sprayer bahan kimia untuk membersihkan print plastik pilar-pilar warna cipratan atau over-sprayer bahan kimia yang terkena di kaca film dapat membuat bercak pada kaca film dan tidak bisa dihilangkan maupun dibersihkan. Jika anda ingin menggunakan bahan kimia pembersih untuk pilihan ganda sport, janganlah disemprot langsung ke bidang untuk menghindari over-spraye, sebaiknya semprotkan di alat yang digunakan untuk membersihkan print atau dashboard.
  6. Jika anda ingin memarkirkan mobil, sebaiknya parkirkan mobil anda di tempat yang teduh untuk memperpanjang usia kaca film anda. Apa pun berkaca filmnya, degradasi performa maupun warna pada kaca film pasti terjadi seiringan dengan berjalannya waktu pakai saat terkena panas sinar matahari. Untuk kaca film branded, yang mengalami proses degradasi menahun sehingga kita tidak dapat menyadari secara langsung. Bila memungkinkan parkirlah selalu di tempat yang teduh dan terhindar dari seorang matahari langsung.
  7. Bersihkan Karet dan Sela Jendela
    Jaga kebersihan sela dan karet jendela mobil anda. Kotoran yang terdapat di karet sela-sela kaca jendela bisa saja menggores kaca film saat anda menaik-turunkan kaca jendela mobil anda. Ini adalah hal yang paling banyak dialami pemilik mobil.
  8. Jangan Biarkan Kaca Film Mobil Basah
    Saat musim hujan, mau tidak mau kita harus bepergian di tengah guyuran air hujan. Tips membersihkan kaca mobil selanjutnya, jika kaca film terkena air hujan, segera siram dan bilas kaca mobil anda dengan air bersih untuk menghilangkan efek air hujan yang dikhawatirkan mengandung asam. Jika sudah, anda dapat mengelap permukaan kaca hingga benar-benar kering. Selain itu cara mencuci mobil yang baik juga harus anda terapkan dalam hal ini ya sobat, untuk memaksimalkan perawatan.
  9. Sediakan Lap Khusus Kaca Film Mobil
    Untuk membersihkan atau merawat kaca film mobil anda langkah pertama, sediakan lap khusus untuk kaca film. Hal ini merupakan salah satu cara merawat kaca mobil agar tidak baret dengan membedakan lap kaca mobil bagian luar dengan lap kaca mobil bagian dalam yang terdapat lapisan kaca film. Selain itu, pilih pula kaca dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap cairan.
  10. Jangan menempelkan stiker atau perekat apa pun pada lapisan kaca film.

Hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan sehari-hari. Hanya saja banyak yang salah merawat atau memakai kaca film karena ketidaktahuan dan kurangnya wawasan. Sebaiknya hal di atas sering dilakukan dan dibiasakan agar kaca film Anda dapat awet dan tahan lama.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *