Bahaya Jika Anda Memasang Kaca Film Terlalu Gelap

 

Jika anda masih bingung dalam memilih kaca film yang cocok untuk kaca mobil anda, jangan khawatir karena hal ini dapat diatasi. Gelap terang kaca film dapat menentukan baik dan amannya untuk berkendara.

Lihatlah VLT atau Visible Light Transmittance Kaca Film Tersebut

Besaran VLT menentukan besar besaran cahaya yang masuk ke dalam properti anda setelah terinstalasi oleh kaca film. Jadi jika semakin kecil angka VLT maka semakin terlihat gelap kaca film anda. Perhatikan juga bagian sisi peraturan pemasangan kaca film untuk pandangan mata pengendara. Jika anda memasang kaca film untuk kaca mobil anda harus mempertimbangkan juga efek dari kegelapan kaca film karena pada saat mengemudi di malam hari berbeda dengan mengemudi di siang hari.

Dibawah ini beberapa macam VLT kaca film yang sudah tersebar luas saat ini:

  • VLT 70%, kegelapan kaca film 10-15%
  • VLT 60%, kegelapan kaca film 15-20%
  • VLT 35-40%, kegelapan kaca film 30-40%
  • VLT 20-25%, kegelapan kaca film 60%
  • VLT 10-15%, Kegelapan kaca film 70%
  • VLT 5%, kegelapan kaca film 80%

Untuk kaca film yang memiliki presentase 80 persen adalah kaca film yang memiliki cukup tinggi tingkat kegelapannya. Jika anda memasang kaca film untuk kaca mobil anda disarankan untuk kaca mobil bagian depan menggunakan VLT 60 persen atau VLT 35 sampai 40 persen, dan anda harus ingat bahwa VLT tidak sama dengan nilai kegelapan kaca film. Karena memang biasanya disebutkan angka kegelapan kaca film tersebut 20%, 40%, 60%, 80%, hal ini untuk memudahkan bagi orang yang masih awam dalam memilih kaca film.

Cek UVT atau Ultraviolet Transmittance

Jika anda ingin memasang kaca film pada kaca mobil anda, anda harus mengetahui bahwa semakin kecil UVT kaca film akan semakin baik. Dan anda juga harus tau bahwa kaca film yang brended, berkualitas, terbaik, dan terbagus, mereka memilih nilai UVT sebesar 1 persen yang artinya dapat menolak sinar ultraviolet sebesar 99%. Salah satu contohnya yaitu kaca film perfection.

Tentukan Nilai atau Infra Red Reflected

Pada umumnya kaca film dibuat untuk menahan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin properti mobil anda. Dan biasanya kabin menjadi panas. Jika kaca film memiliki nilai presentase IRR semakin besar maka kaca film tersebut semakin bagus. Kemudian jika anda membeli kaca film maka nilai IRR inilah yang menjadi acuan atau titik fokus dalam membeli kaca film.

TSER atau Total Solar Energy Rejected

Hal ini untuk mengukur sebuah indikator ukuran untuk menunjukkan seberapa baik atau buruknya kaca film dalam menolak panas sinar matahari langsung yang mengenai kaca film. Semakin besar TSER ini maka menunjukkan bahwa semakin baik atau berkualitasnya kaca film yang anda beli.

Dengan semakin banyaknya produsen kaca film membuat rentang produk dan harga kaca film menjadi luas. Kaca film terkenal dengan banyaknya merkdan jenisnya serta beraneka warna yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Harga kaca film juga semakini beragam.

Menurut Wahyu Hidayat dari sekian banyaknya kaca film, kaca film gelap adalah salah satu yang paling sering digunakan dan kaca film ini menjadi favorit 3 sampai 4 tahun belakangan ini karena berfungsi untuk media privasi dan cocok untuk tren warna mobil sekarang.

Masalahnya biasanya tidak sedikit orang yang mementingkan privasi mobilnya tetapi tidak mementingkan keselamatan penumpang dan pengemudi mobil tersebut.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *