Sequel Pemasangan Kaca Film

Penggunaan kaca film sebagai aksesori mobil seakan sudah menjadi barang wajib yang harus ada sebagai pelengkap sebuah mobil. Pembaca tentunya tidak terbayang ketika sebuah mobil tak dipasang kaca film sama sekali, Pasti akan sangat panas kan.Dengan memasang kaca film pada mobil memang sudah jadi kebutuhan umum. Akan tetapi, ada banyak pilihan merk dan jenis kaca film di pasaran. Tentu hal ini akan menyulitkan anda ketika memilih kaca film yang tepat untuk mobil. Di sini saya akan memberikan tips untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan oleh pembaca.

Tiga fungsi utama kaca film

Pemasangan kaca film sebenarnya memiliki tiga fungsi utama bagi para penggunanya. Ada tiga aspek yang menjadi manfaat, antara lain keamanan, fungsional, serta estetikanya seusai dengan kegunaan. Berikut ini adalah beberapa jenis kaca film sesuai dengan kegunaan.

1. Kaca film pengaman (safety atau security film)

Umumnya digunakan sebagai pengaman yang menjamin privasi sebuah mobil atau ruangan. Kaca film jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga 90%. Orang dari luar ruangan akan sulit melihat kedalam sehingga tidak mengetahui apa yang ada di dalamnya. Kaca film untuk segi keamanan pun akan membantu menahan pecahan kaca berhamburan ketika terjadi benturan. Kaca film jenis ini sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menjaga privasi anda dengan sangat ketat.

2. Kaca film artistik atau dekoratif film.

Kaca film ini berguna untuk mendekorasi kaca. Biasanya kaca film jenis ini memiliki motif sehingga mempercantik penampilan kaca mobil maupun kaca ruangan. Kaca film jenis ini biasanya digunakan di pintu masjid, pintu kantor, atau jendela rumah. Fungsi dari segi estetika ini membuat mobil anda tampak modis dan trendy, apalagi jika sesuai dengan warna mobil dan selera anda.

3. Kaca film penolak panas atau solar control film.

Kaca film yang satu ini lah yang sering digunakan pada mobil mobil pada umumnya.  teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet sehingga suhu dalam ruangan atau kabin tetap sejuk.

Istilah istilah untuk kaca film.

Oke, selain membahas fungsi dan macam-macam jenis kaca film saya akan menjelaskan tentang istilah untuk kaca film. 

Selain jenis Anda juga wajib mengetahui istilah-istilah penting dalam kaca film istilah-istilah ini membantu Anda mengenal lebih jauh Seberapa penting kaca film untuk mobil anda. Di antaranya yaitu:

• Tingkat atau intensitas kegelapan.

Tingkat atau intensitas kegelapanyang biasa kita sebut Darkness digunakan untuk mengukur kadar kegelapan kacafilm. Biasanya, ukuran ini dituliskan dalam bentuk persentase. semakin tinggipersentase Darkness kaca film maka semakin temaram cahaya yang masuk. Khususuntuk, sebaiknya pilih intensitas kegelapan yang tidak lebih dari 40%. Sebabvisibilitas atau kemudahan anda dalam melihat lingkungan sekitar akan menurunketika kondisi gelap atau malam hari.

• Ultraviolet rejected

UVR adalah Jumlah persentase sinarultraviolet yang mampu ditolak oleh kaca film. Semakin tinggi angka nyakualitas kaca film semakin bagus.

• Total solar energy rejected.

TSER adalah jumlah persentase energi matahari yang di tolak kaca film diukur dengan angka ini. Sama dengan UVR, semakin besar angkanya semakin bagus.

• Infrared rejected

Sinar infra merah juga terdapat pada sinar matahari yang terpancar. Besaran persentase Sinar inframerah yang dapat ditolak oleh kaca film ditunjukkan di sini. Jadi istilah ini dapat menghitung besaran persentase sinar inframerah.

• Visible light transmittance.

Jumlah persentase cahaya matahari yang masuk dalam kabin mobil diukur dengan angka VLT. Semakin kecil nilainya maka semakin sedikit cahaya yang masuk.

Nah setelah kita mengenal jenis jenis kaca kaca film untuk mobil dan istilah istilah untuk kaca film maka kita akan melanjutkan ke sequel pemasangan kaca film yang merupakan inti dari artikel saat ini.

Pemasangan kaca film pada kaca samping adalahbagian yang termudah dari proses pemasangan kaca film.

1. Kaca dibersihkan dari sisa lem kacafilm yang lama dengan menggunakan cairan sabun atau cutter.

2. Kaca disemprot air sabun dan kaca filmditempelkan kemudian dipotong sesuai ukuran kaca.

3. Kaca bagian dalam sekali lagidibersihkan dengan cutter, kemudian pintu ditutup dan kaca sekali lagi disemprot cairan sabun dan dikeringkan menggunakan alat khusus.

4. kaca dibasahi air sabun sekali lagidan protektif film dilepas dari kaca film sambil disemprot air sabun, kemudiandirekatkan ke kaca bagian dalam yang masih basah dan sisa kaca film yangberlebih dipotong sesuai dengan bentuk kaca dan ukuran kaca.

5. kaca film dipotong lagi dengan jarakkurang lebih 5 mm dengan tepi kaca agar tidak terkelupas saat kita menaik turunkan kaca.

6. Cairan yang berada di antara kaca filmdengan kaca dikeluarkan dengan menggunakan alat khusus.

Baca juga: Cermat dan Tepat Memilih Kaca Film Mobil Kesayangan Anda

Pemasangan kaca film di kaca belakang.

Kaca film lama dicopot dengan cara ditarik secara perlahan.

Pembersihan bekas lem kaca film pada kaca belakang yang ada developer agak berbeda yaitu dilakukan dengan proses dipping. Setelah kaca film di lepas cairan sabun disemprotkan pada semua permukaan kaca bagian dalam kemudian kaca film bekas yang dilepas direkatkan kembali, Hal ini dilakukan untuk melambatkan lem yang menempel pada kaca belakang dan di diamkan selama membuat pola kaca film untuk kaca belakang agar kaca film dapat mengikuti bentuk cekung kaca belakang, setelah membuat pola selesai proses pembersihan lem dilanjutkan dengan menggunakan potongan bahan karpet dan sabun. Sambil disemprotkan cairan sabun dan digosok-gosok sampai semua lem terangkat dan kaca bersih. Setelah itu kaca film yang telah di pola dipasang seperti saat memasang kaca samping.

Pemasangan kaca film di kaca depan atau biasa disebut windshield.

Dipola dengan blower dari bagian luar untuk membentuk lengkung kaca depan.
Pemasangan kaca film pada kaca depan pintu mobil selalu ditutup. Kaca bagian dalam dibersihkan dengan air sabun khusus dan kertas koran sampai tidak ada noda atau kotoran, setelah bersih kaca bagian dalam dibasahi air sabun khusus dan protektif Shield kaca film di buka sambil disemprotkan air sabun. Setelah itu lembaran kaca film yang telah dibuka protektif nya shield nya dipasangkan perlahan pada kaca depan, selama masih basah dapat digeser-geser agar posisinya pas dan tidak menggelembung. Setelah anda merasa letak posisi kaca film sudah tepat diletakkan pada kaca depan kemudian dengan menggunakan alat khusus untuk mendorong air keluar di antara kaca dan kaca film sampai semua air berlebih tidak terlihat pada kaca depan. Meskipun demikian air tetap akan ada dan nanti akan kering sendiri setelah terkena matahari.

Untuk info pemesanan silakan hubungi:
Email: [email protected]
Telp/WA: 081-1154-2354

Nah itu tadi artikel tentang sekuel pemasangan kaca film semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memasang kaca film sendiri dan dibantu oleh teman atau keluarga anda dengan mudah dan cepat.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *